Selasa, 02 Februari 2010

DEFINISI ABSES OTAK

A. Pengertian
Abses adalah daerah bernanah, biasanya terpusat dalam organ. Atau pengumpulan pus setempat yang dihasilkan oleh organisme piogenik keadaan ini biasa akut atau kronis.
Abses otak adalah akumulasi cairan pada jaringan otak, biasanya merupakan komplikasi infeksi. Abses otak sering timbul pada anak-anak remaaja, dewasa muda tapi biasa terjadi pada semua tingkat usia. Artinya pengumpulan nanah dalam rongga yang terbentuk akibat kerusakan jaringan.
Abses otak merupakan kumpulan dari unsur-unsur infeksius dalam jaringan otak. Ini dapat terjadi melalui invasi otak langsung dari trauma intrakranial atau pembedahan melalui penyebaran infeksi dari daerah lain seperti sinus, telinga dan gigi ( infeksi sinus paranasal ,otitis media, sepsis gigi ),atau melalui penyebaran infeksi dari organ lain (abses paru-paru,endokarditis infektif) dan dapat menjadi komplikasi yang berhubungan dengan beberapa bentuk meningitis. Abses otak merupakan komplikasi yang dikaitkan dengan beberapa bentuk meningitis. Abses otak adalah komplikasi yang meningkat pad pasien yang system imunnya disupresi baik karena terapi atau penyakit. Untuk mencegah abses otak maka perlu dilakukan pengobatan yang tepat pada otitis media, mastoiditis, sinusitis, infeksi gigi, dan infeksi sistemik.

B. Etiologi
1. Penyebaran dari fokus infeksi yang berdekatan dengan cerebelum lobus temporalis ( mastoiditis, otitis media ).
2. Nekrotin emboli biasanya bersumber dari inteksi endokarditis bacterial dari abses paru.



C. Patofisiologi
Fase awal abses otak ditandai dengan udem, udem local. Hyperemia infiltrasi leukosit dan melunaknya perenhym trombosis septis dan edema beberapa hari atau minggu dari fase awal terjadi proses liguefaction atau dinding kista yang berisi pus. Kemudian terjadi kantong yang dindingnya mudah reptur. Bila terjadi reptur infeksi akan meluas keseluruh otak dan bisa timbul meningitis.

D. Manifestasi Klinis
Manifestasi klinis dari abses otak diakibatkan oleh perubahan pada dinamika intrakranial ( edema, pergeseran otak ), infeksi atau lokasi abses sakit kepala biasanya memburuk pada pagi hari, adalah gejala paling lanjut. Pasien muntah juga umum terjadi tanda neurologik fokal ( kelemahan eksremitas, penurunan penglihatan, kejang ). Dapat terjadi bergantung pada tempat abses.terdapat perubahan pada status mental pasien seperti ditunjukan pada perilaku letargik, peka atu perilaku disorientasi demam mungkin ada tetapi juga tidak.

Tanda dan gejala
 Sakit kepala yang menetap dan sangat berat
 Ngantuk. Bingung
 Mental lambat
 Selzure lokal atau seluruhnya
 Demam dengan bradikardi
 Peningkatan tekanan intrakranial

E. Evaluasi Diagnostik
Pengulangan pengkajian neurologik dan pengkajian pasien terus menerus penting untik menentukan letak abses yang akurat. CT sangat baik dalam menentukan letak abses.

F. Komplikasi
 Meningitis
 Ensefalitis

G. Penatalaksanaan
Sasaran penatalaksanaan adalah untuk menghilangkan abses.Abses otak diobati dengan terapi antimikroba dan irisan pembedahan atau aspirasi. Pengobatan antimikroba diberikan untuk menghilangkan organisme sebagai penyebab atau menurunkan perkembangan virus. Dosis besar melalui intravena biasanya ditentukan praoperatif untuk menembus jaringan otak dan abses otak. Tetapi diteruskan pada pasca operasi. Kortikosteroid dapat diberikan untuk menolong menurunkan radang edema serebreal jika pasien memperlihatkan adanya peningkatan defisit neurologik.
Obat-obatan antikonvulsan ( fenitoin, fenobarbital ) dapat diberikan sebagai profilaksis mencegah terjadinya kejang. Abses yang luas dapat diobati dengan terapi antimikroba yang tepat dengan pemantauan ketat melalui pengamatan dengan CT.

1 komentar:

  1. Nice info, Sangat bermanfaat. Bagi anda yang memiliki masalah penyakit kelamin, anda bisa mengunjungi klinik Apollo untuk melakukan pemeriksaan. Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin yang terletak di daerah Jakarta pusat. bekerja sama dengan berbagai rumah sakit serta klinik Internasional, juga ditunjang peralatan medis canggih serta dokter ahli spesialis yang sudah berpengalaman dibidangnya, anda bisa mengunjungi klinik apollo untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan segera.

    Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis klinik Apollo.

    Wartadokter
    klinikkesehatan
    kesehatankelamin

    BalasHapus